ternyata penggemar musik klasik dan metal memiliki banyak kemiripan

Penggemar musik heavy metal dan penggemar musik klasik selalu berpikir mereka berbeda bagaikan bumi dan langit, tetapi baru-baru ini penelitian menemukan bahwa kedua penikmat musik ini memiliki lebih banyak kesamaan dari yang mereka pikir

vs
Lacuna Coil dan Johann Sebastian Bach

Hmm METAL dan KLASIKAL?? keduanya rumit, memiliki tempo yang tak terduga, dimainkan oleh musisi berbakat, sama-sama musik kaum minoritas, memiliki emosi yang sangat kuat di tiap lagunya. tetapi yang satunya keras, brutal, dan sangar sementara satu lagi spontan, simponik dan harmonik

Penelitian lebih dari 36.000 orang diseluruh dunia membuktikan bahwa kedua grup tidak menyukai gaya berpakaian yang sedang trend, kepribadian mereka juga ternyata memiliki lebih banyak kesamaan. Penggemar musik metal dan klasik umumnya merupakan orang-orang yang kreatif, tenang dan introvert.

Profesor Adrian North dari Edinburgh’s Heriot-Watt University yang meneliti hal ini menyatakan ia terkejut dengan hasil riset yang didapat.

“Saya terkejut ketika mengetahui bahwa betapa miripnya penggemar musik heavy metal dan musik klasik.” tegasnya.

“Terlepas dari perbedaan umur, pada dasarnya keduanya terlihat serupa. Keduanya jauh lebih kreatif dari orang lain. Keduanya tidak terlalu ramah dan mereka juga pendiam dan tenang.”

vs
Antonio Vivaldi dan Cannibal Corpse

Menurut pria yang menjabat sebagai dekan dari fakultas psikologi ini, kedua musik tersebut memiliki atmosfer seperti pada pertunjukan sandiwara, yang sangat menarik bagi sebagian orang.

Temuan ini adalah bagian dari studi online menurut selera musik orang-orang dan kepribadian mereka.

Dari total 36.518 orang dari asia hingga amerika latin, masing-masing diperintahkan untuk merunut 104 genre musik berbeda dari chart pop, bollywood dan opera.

“Peneliti menunjukkan bahwa selama beberapa dekade, sifat-sifat pecinta musik rock dan rap cenderung pemberontak, sementara penggemar opera cenderung orang yang berada dan berpendidikan tinggi, tetapi kali ini adalah kali pertama peneliti menghubungkan kepribadian dengan berbagai genre musik kesukaannya.” kata Profesor North. “Musik apapun yang kau suka, itu menentukan sifat dan kepribadianmu.”

vs
Sonata Arctica dan Franz Joseph Hayden

Prof North menyimpulkan bahwa dengan hasil ini ia dapat mengerti mengapa orang-orang dapat bersikap defensif mengenai musik yang mereka dengar, karena apa yang mereka dengarkan menunjukkan pandangan mereka pada kehidupan. Penelitian inipun menunjukkan “fungsi pemersatu” orang akan genre musik yang disukainya dan menjelaskan mengapa orang-orang dengan tipe musik sejenis memiliki ‘ikatan’ khusus.

Dia juga mengemukakan bahwa heavy metal dan musik klasik menarik pendengar dengan kepribadian yang sama tapi berbeda usia. Anak muda lebih memilih mendengarkan musik metal sementara orang-orang tua memilih musik klasik. Meskipun begitu, keduanya memiliki persepsi yang sama, untuk mendengar sesuatu yang dramatis dan teatrikal. “Kemegahan cinta yang terbagi.” ungkap Prof North.

“Umumnya masyarakat menggambarkan bahwa penggemar musik metal adalah orang yang depresi berat dan membahayakan masyarakat disekitarnya.” Jelasnya, “Namun mereka sebenarnya cukup peka. Jauh dari perbedaan umur, kedua penggemar musik metal dan klasik, pada dasarnya orang yang serupa. Kebanyakan penggemar musik metal umumnya mengatakan mereka juga menyukai musik gubahan Wagner(seorang komposer musik klasik) karena kencang dan keras. Kedua musik ini juga memiliki rasa sandiwara didalamnya, dan saya memiliki dugaan kuat bahwa hal ini yang mendorong orang-orang ini ingin mendengarkannya”

vs
In Flames dan Ludwig Van Beethoven

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s